Tuesday, May 17, 2005
bicara cinta lagi..cinta lagi...
kayaknya sore-sore gini lebih enak bicara cinta ya? em, mendiskusikannya memang lebih mudah dibanding menjalaninya. iya nggak? kalo bicara soal ini, aku selalu teringat salah satu buku favoritku--yang sampe lecek karena suka kebawa tidur, yang suka kubolak-balik buat baca halaman yang sama. Yup, The Little Prince alias Pangeran Kecilnya Antoine Saint de Exupery. risalah cinta yang terhebat, menurutku. walau penulisnya hanya berpikir menulis dongeng--yang sesungguhnya dongeng ini lebih cocok dibaca anak-anak dibanding dibaca orang dewasa.
aku teringat ketika pangeran kecil terdampar di bumi. setelah sebelumnya mampir ke banyak tempat, meninggalkan planet kecilnya. tempat asal di pangeran kecil ini adalah planet--dimana senja dan pagi dapat dilihat dalam satu kedipan. The little and tiny place. Dalam planet kecil itu, pangeran kecil tinggal bersama bunga mawar yang rewel, manja, bawel, dan sombong. yang suka mengaku bahwa dialah satu-satunya mawar yang tercantik di muka bumi. setiap petang dan pagi, pangeran kecil selalu menyungkupi bunga mawar--agar dia terlindung dari angin dan pohon baobab yang akan merusaknya.
pangeran kecil bosan dan ingin lari dari mawar. terdamparlah dia di bumi. ketika di bumi, dia menemukan bunga-bunga mawar yang teramat banyak..pangeran kecil menyadari bahwa ternyata, mawarnya yang bawel dalam planet kecilnya bukanlah satu-satunya mawar di jagad raya ini. ternyata ada banyak-banyak mawar..
namun, dalam satu pertemuannya dengan sang rubah, pangeran kecil menyadari bahwa kekecewaannya terhadap sang mawar di planetnya adalah juga bagian dari cintanya. pangeran kecil berkata pada mawar-mawar yang ada di bumi..."Kalian cantik tapi kalian hampa..tak ada satupun yang sanggup berkorban demi kalian.." mawarku di planet, ada karena aku membuang waktu bersamanya.
inilah yang membuat sang mawar di muka bumi--yang cantik dan teramat banyak--menjadi tidak penting. sebab, waktu yang dibuang sang pangeran kecil bersama mawarnya yang bawel-lah yang membuat sang mawar menjadi penting.
cinta adalah pengalaman atas pengalaman yang kompleks. kebahagiaan sekaligus juga rasa sakit. keputusasaan tapi juga pengharapan yang besar. pengalaman atas perasaan; sakit, senang, susah, gembira, bahagia, jengkel, marah...
emm....have you ever really love someone? mungkin, salah satu cara mencintai adalah membiarkannya mencari--seperti pangeran kecil yang mencari jawaban atas perasaannya dengan mengunjungi planet-planet di jagad raya. biarkan dia mencari jawabnya. mencintai seseorang adalah membebaskannya. sebab setiap jiwa adalah merdeka.
salam,
--na--
 
posted by kembang_jepun at 9:20 AM | Permalink |


0 Comments:


ulang tahun pernikahan
Daisypath Ticker