Friday, May 27, 2005
seorang yang baik itu bernama ibu sofi
seorang yang baik itu bernama ibu sofi. dia tidak seperti kebanyakan orang yang kala mendengarkan orang lain 'take it and leave it'. dia orang yang sangat humanis, sangat spritualis (aku menduganya seperti itu). semoga ini bukan kenaifan seorang secret admirer ya..

ruangannya putih susu. beberapa buku berjajar, dan sofa biru. tidak seperti ruangan yang kubayangkan dalam film-film, luas dan gelap, ada meja ada gelas. ruang itulah yang sering digunakan oleh ibu sofi untuk menerima mahasiswa, menjamu tamu, ngobrol dengan kolega, atau mendengarkan keluhan dari orang yang datang padanya.

aku tak menduga umurnya telah 52 tahun, wajahnya jauh lebih muda dari usianya. mungkin karena seumur hidupnya dia selalu bahagia. atau mungkin jika dia menderita, dia bisa ikhlas menerima penderitaan itu sebagai bagian dari dirinya.

aku memandang ruang putih susunya. sesekali bunyi daun gemerisik balik jendela. juga keriuhan dari common room disebelahnya.

hari itu kita bicara tentang subconciousnes 'ruang bawah sadar yang membentuk manusia'. pada manusia yang fase perkembangannya mulus, ruang bawah sadar tidak akan menjadi dominan. manusia biasa digerakkan oleh logika sadar, conciousnes. kesadaran akan adanya diri dan hari ini. bagi beberapa orang, ruang bawah sadar itu teramat besar. ingat john nash, di pemenang nobel ekonomi, yang lantas difilmkan dalam "the beautiful mind"? dia contoh orang yang bawah sadarnya sedemikian kuat, kadang mendengar bisikan, namun dia seorang psikotik. sementara psikologi mengkategorikan 'abnormalitas' itu dengan psikotik dan neurotik.


sedikit perbincangan tentang kegelapan. tentang perjalanan. tentang masa lalu. pertanyaan tentang tuhan. pertanyaan tentang waktu dan segala relativitasnya. tentang fase perkembangan.

fase perkembangan tanpa masalah. fase perkembangan tanpa penyangkalan. fase perkembangan dengan kerapuhan, dan penghayatan filosofis seorang kanak-kanak yang memabukkan.

seorang yang baik itu bernama ibu sofi. yang aku bicara padanya tentang sesuatu. sesuatu yang memperkaya batinku.
 
posted by kembang_jepun at 5:02 AM | Permalink |


0 Comments:


ulang tahun pernikahan
Daisypath Ticker