Monday, August 21, 2006
belanja di bergen
belanja di bergen bikin homesick. semua barang mahal disini. konon, norway memang negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia. kalau dikurskan 1 krone sama dengan 1500 rupiah. beasiswaku sebulan, kalau dikonversi ke rupiah, dan kalau aku belanjain di Indonesia, bisa bikin aku kaya raya hehehe. tapi, disini, aku hidup dengan standar hidup terendah.

harga sayuran segar mahal sekali. satu buah kubis segar seharga 13 kroner atau 19.500 rupiah. bayam 16 kron, dan satu kemasan kecil wortel seharga 10 kroner. itulah sebabnya orang miskin disini makan makanan instan. soalnya harga sayuran instan dalam kemasan (kalau di Indonesia yang biasa dijual di supermarket disimpan di freezer kayak hero, alfa dll tu loo) tergolong murah. satu bungkus sayuran instan yang isinya jagung, wortel, dan buncis harganya 11 kron.

karena aku tergolong masyarakat ekonomi menengah ke bawah, aku sering beli sayuran instant. hiks..sebenarnya agak males mengingat resikonya terhadap kesehatan. tapi yaaa gimana lagi, makan sayur segar gak tiap hari, bangkrut! sekali belanja di supermarket, aku bisa habis 150 kroner (225.000 rupiah) itu biasanya untuk 3 harian. karena baru disini, aku agak boros karena musti beli perlengkapan dapur, perlengkapan masak, dan makanan harian. sekali jajan di kantin, rata-rata 35 kroner atau 52.500 huahuahua...padahal itu kantin kampus lo.

kalo kepengen beli baju, harga rata-rata 300kroner, sepatu 400kroner--hehehe, kalikan sendiri ya..bikin stress, tapi enaknya kalo lagi akhir musim kayak sekarang, baju-baju disale abis. baju summer sale sampai harganya cuman 50 kroner (75.000). masih tetep mahal ya kalau pakai uang indonesia. makanya disini benar-benar harus jadi manajer keuangan yang baik, kalau enggak mau pailit tengah bulan hehehe. bayar kos aja sebulannua 2500 kroner, belum lagi langganan bis, beli buku (ya ampuuuuun, buku mahal banget disini, paling murah 450rb!), makan buat sebulan, dan lain-lain.

karena semua mahal, kita harus rajin-rajin compare antara toko satu dengan toko yang lain. kadang terpaut harganya bisa sampai 20 kroner. puas banget kalau kita sudah keluar masuk toko dan bisa ketemu barang dengan harga termurah. kemarin aja waktu aku mau beli rice cooker, beberapa toko memasang harga 399kroner. ternyata aku bisa nemu toko yang jual rice cooker harganya cuma 150 kroner, hehehe hore...

yah itulah belanja di bergen. rumusnya; jangan sering pergi ke mal, jangan sering pergi ke pasar, jangan sering-sering jajan, jangan keseringan belanja. kalo rumus itu dilanggar, dijamin anda pailit tengah bulan hehehehe.
 
posted by kembang_jepun at 2:58 PM | Permalink |


0 Comments:


ulang tahun pernikahan
Daisypath Ticker