Sunday, November 12, 2006
kangen pasar
Apa yang paling dirindukan pada hari minggu seperti ini? Hari ini saya sangat rindu pasar tradisional. Kebiasaan saya setiap hari minggu, berjalan-jalan pagi bersama suami--sambil berolahraga--setelah itu mampir ke pasar. Biasanya saya berjalan di sekitar kost saya di daerah Sambilegi, Maguwo, Yogya. Menyusuri selokan mataram hingga Kalasan. Setelah itu ke pasar Sambilegi.

Keriuhan pasar, orang yang beraneka macam, simbok-simbok yang berjualan jajan pasar, sayur mayur, ikan segar, buah-buahan..pada saat pasaran, suasananya akan lebih ramai. Pasti deh senggol-senggolan dengan pembeli yang lain. Dagangan pada saat pasaran juga lebih variatif, spon untuk cuci piring, pisau, serbet, hingga obat tikus pun ada.

Hari Minggu adalah saatnya belanja di pasar. Maklum, karena bekerja, saya hanya ke pasar seminggu sekali. Sehari-hari cukup beli sayur dari pedagang keliling. Tapi hari Minggu beda, ya karena libur, juga karena biasanya saya masak yang agak istimewa dan enak (ha?! enak..hehehe..). Suami saya sangat suka dengan cumi. Maka hari minggu bisa dibilang hari cumi. Belanja cumi di pasar, habis itu bikin cumi goreng tepung, cumi asam manis, cumi saus tiram, tumis cumi..pokoknya segala jenis cumi suami suka. Sampai heran karena cumi diapain aja juga mau. Hehe, miss u much:)

Jadi, pergi ke pasar adalah sesuatu yang menyenangkan untuk saya..dimanapun, saya selalu menikmati pasar tradisional dan aktivitas yang ada didalamnya. Beceknya, senggol-senggolannya, riuhnya. Ibu-ibu yang menawar harga, bapak-bapak yang mengantar istrinya, penjual keliling yang teriak-teriak menawarkan dagangannya.

Suasana pasar yang tidak pernah saya dapatkan disini. Disini, seminggu sekali saya belanja ke Supermarket. Semua barang tertata dengan rapih. Tidak ada becek karena lantainya yang licin. Tidak ada tawar menawar karena semua harga sudah pasti. Semua mahal, tapi tidak ada yang protes. Di Supermarket semua barang punya kemasan. Bahkan saya sampai terheran-heran karena timun pun ada segelnya, terong pun dibungkus cantik dengan plastik. Di supermarket semua orang belanja dengan tenang. Selesai dan kemudian membayar.

Interaksi antar manusia yang tidak ada di Supermarket. Tidak ada kedekatan seperti di pasar. Tidak ada perjuangan seperti di pasar..

Saya kangen belanja ke pasar.
 
posted by kembang_jepun at 12:26 PM | Permalink |


2 Comments:


  • At 8:40 PM, Anonymous Anonymous

    Waduw..
    Norway yak!
    Mo banged domz ksana!
    Hohow..
    Gmn klo kita tukeran ajaa..
    Jadi kk bisa ke pasar tradisional sini tiap hari,,
    Gmana kak?
    Heuheuheue..

     
  • At 9:37 AM, Blogger Icha

    pasar emang punya sejuta daya tarik ya...
    palagi kadang2 suka nemu barang-banrang yang tak ditemukan di supermarket.. blm lagi harganya yang murah... n keriuhannya... bikin kangen ya....

    salam...

     
ulang tahun pernikahan
Daisypath Ticker