Sunday, October 29, 2006
jam berubah
Hari ini, 29 oktober 2006, jam di bergen (dan wilayah utara bumi lain), resmi dimajukan satu jam. Kata teman-teman yang orang Norway, ini adalah ritual tahunan di waktu winter. Memundurkan waktu 1 jam. Dengan Indonesia, perbedaan waktu yang tadinya 5 jam, bertambah menjadi 1 jam, sehinga total perbedaan waktu adalah 6 jam. Info tentang ini bisa dibuka di http://id.wikipedia.org/wiki/DST

Saya bangun hari ini, setelah tidur selama 10 jam (alamak, 10 jam..ngapain aja:P), bangun pukul 7.30 pagi dan bergegas. Sholat subuh, dan merebus air untuk kopi, lantas menyiapkan ritual pagi: minum kopi, membuka internet, mengecek email, serta membuka situs berita dan gosip di Indonesia hihi..

Membuka internet, dan aku jadi terheran..jam di komputerku ternyata menunjukkan waktu sejam lebih lambat (6.30an lah..atau setengah tujuh)...loh, buka blog, jam di bloggerku juga menunjukkan waktu lebih lambat. buka situs universitas..lo, kok juga..oalah, maklumlah, namanya saya pendatang baru disini, saya lupa dengan ritual tahunan, kalo waktu harus dimundurkan.

Secara saya yang awam ilmu bumi, awam ilmu astronomi, dan segala yang berhubungan degan perhitungan alam semesta, saya mencoba memahami, bahwa waktu manusia memang konvensi. Waktu yang tertera pada arloji anda, waktu di komputer, waktu di internet, waktu di stasiun adalah kuantivikasi atas waktu. Perjanjian antar manusia gitu..Tapi waktu yang semakin lambat, tidak berarti melambatkan bumi yang berputar. Tidak juga melambatkan usia kita yang semakin bertambah..tidak juga melambatkan ujian term kedua yang semakin dekat...haiyaaaaaa....maaaak,hikshiks. kok tiba2 jadi ingat ujian?
 
posted by kembang_jepun at 7:06 AM | Permalink |


0 Comments:


ulang tahun pernikahan
Daisypath Ticker