Tuesday, November 28, 2006
sayur lodeh
Ini adalah sayur kebanggaan orang Jawa. Bisa dikatakan kalau lodeh selalu ada di meja makan. Di Yogya, sayur lodeh ini bisa ditemui kapan dan dimana saja. Di segala macam warung makan masakan Jawa, pasti ada yang namanya sayur lodeh. Bahan bakunya pun gampang-murah-mudah ditemui di pasar. Bersama lodeh, biasanya disajikan ikan asin dan tempe goreng. Lodeh tidak sekadar sayur. Bahkan ketika ada isu badai besar di Yogya sekira 2 tahun yang lalu, Sultan Yogya menganjurkan warga untuk masak lodeh dengan sayur 9 rupa (?!?, ehm, jumlahnya lupa. Kalau enggak salah) untuk menolak bala. Warga Yogya pun berbondong-bondong ke pasar untuk beli bahan masak lodeh:)

Karena kebanggaan ini pulalah, yang membuat ibu saya bisa dikatakan gemar sekali dengan sayur yang terbuat dari kluwih, jipang/labu siam, kacang panjang, tahu, melinjo, pete dan kawan-kawan. Dimasak bersama santan dan tempe busuk! Ya, bau tempe busuk inilah yang konon bikin rasanya jadi syedap dan gurih. Kalau ibu lagi malas memasak, pasti beliau langsung ke pasar untuk membelinya. Entah apa yang membuat ibu saya betah sekali setiap hari makan lodeh. Nggak ada bosennya gitu.

Sementara kalau sudah ada lodeh di meja, kami anak-anak ibu, biasanya langsung merengut dan malas-malasan. Suka sih suka. Doyan ya emang doyan. Tapi kalo tiap hari dan seriiiing banget makan lodeh, yah males bangetlah. Inilah yang membuat saya, jadi sampai pada taraf emoh makan lodeh. Say no to lodeh deh. Jadi biasanya di rumah ada mangkuk kecil isi lodeh khusus untuk ibu seorang. Beli lodehnya di pasar, cukup dengan harga 500.

Beberapa waktu sebelum saya berangkat, lodeh jipang juga masih setia di meja makan kami. Kalau ibu memasak lodeh sebagai menu utama, langsung deh yang muncul wajah-wajah bosan. Langsung deh ibu bilang "Neng Norway ra bakal ketemu lodeh loo, mengko rak kangen lodeh" (Di Norway tidak akan ketemu lodeh lo, nanti kangen lodeh). Saya sambil setengah bertaruh, bilang kalau rasa-rasanya agak nggak mungkin kangen lodeh. Tapi ya, setelah itu saya menyantap lodeh dengan wajah agak terpaksa.

Setelah beberapa bulan ada di Norway, saya juga enggak kangen tuh sama yang namanya lodeh. Rasanya seperti merdeka saja dari lodeh. Selama 3 bulan disini, nggak ada judulnya saya kepengen masak lodeh.

Sampai tibalah hari ini, saya kok sepertinya nyidam lodeh. Browsing situs masak memasak, lihat lodeh jadi ngiler deh. Hiks, sepertinya masaknya gampang. Apalagi, di toko asia ada kacang panjang dan jipang.

Bener kata ibu, saya akhirnya kangen lodeh juga. Jadi ini kualat ceritanya.

 
posted by kembang_jepun at 7:06 PM | Permalink |


0 Comments:


ulang tahun pernikahan
Daisypath Ticker